Rabu, 11 November 2015

review jurnal

Nama       Imamatul husni
Kelas        : 4EB22
NPM        : 23212645
TUGAS SOFTSKILL



JUDUL                      : Analisis Perbedaan Gender terhadap Perilaku Etis, Orientasi Etis dan     
  Profesionalisme pada Auditor KAP di Surabaya

PENGARANG         : Julia Rosdiana Dewi, Luky Patricia Widianingsih, Vierly Ananta Upa

PENERBIT               : Jurnal GEMA AKTUALITA, Vol. 3 No. 1, Juni 2014

ISI                               :

-          LATAR BELAKANG           :
Jasa audit akuntan publik sudah menjadi kebutuhan utama dalam memberikan opini bagi para pemakai laporan keuangan untuk pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan banyaknya kasus di dunia akuntan yang tidak lagi mempertimbangkan etika demi mendapatkan keuntungan yang besar, seperti kasus Enron tahun 2001, WorldCom tahun 2001, Kimia Farma tahun 2002, Telkom tahun 2002 dan Lippo tahun 2003 (Hery dan Agustiny, 2007).
Perilaku tidak etis muncul disaat seorang auditor melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan suatu perusahaan. Tindakan tersebut merugikan banyak pihak yang terlibat dan menimbulkan ketidakpercayaan, baik terhadap laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan tersebut maupun kinerja para auditor.
Seorang auditor diwajibkan memiliki pengetahuan etika yang tinggi dan lebih sensitif terhadap kode etik akuntan publik. Selain itu, mereka juga harus menjaga standar perilaku etis tertingginya dan mempunyai tanggung jawab untuk menjadi kompeten, integritas dan objektivitas. Hal ini dikarenakan auditor selalu mengalami dilema etis yang akan melibatkan pilihan antara nilai-nilai yang bertentangan.
Sensitivitas etis menjadi salah satu syarat bagi seorang auditor untuk mengenali suatu isu etis. Banyaknya penelitian yang berfokus pada sensitivitas etika telah menumbuhkan gagasan bahwa proses sensitivitas etika seseorang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan etis.
Tingkat profesionalisme yang tinggi juga dituntut harus ada dalam diri seorang auditor untuk membangun kepercayaan publik, serta meyakinkan semua pihak terhadap kualitas jasa yang diberikan. Banyak isu yang mempertanyakan tentang keprofesionalismean seorang auditor karena kinerja mereka dalam memeriksa laporan keuangan yang buruk sehingga banyak mengandung kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja.
Tindakan mengakibatkan kewajaran atas laporan keuanganmenjadi diragukan oleh para pemakai laporan keuangan (Herawaty dan Susanto, 2009). Abdurrahim (1998) dan Santosa (2001) dalam Ikhsan (2007) menyatakan bahwa terdapat perbedaan sikap antara pria dan wanita dalam merespon motivasi dan segala perubahan yang terjadi di lingkungan kerjanya. Hal ini dikarenakan adanya peran domestik di keluarga dan diskriminasi yang dihadapi oleh wanita dalam segala aspek sehingga mempengaruhi sikap profesionalisme mereka. Ikhsan (2007) sendiri menyatakan bahwa tidak ada perbedaan tingkat profesionalisme auditor jika dilihat dari perbedaan gender. Adanya ketidak konsistenan kinerja akuntan publik berdasarkan isu gender, baik dalam perilaku etis, orientasi etis maupun tingkat profesionalisme seorang auditor, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut dengan penelitian yang berjudul “Analisis Perbedaan Gender terhadap Perilaku Etis, Orientasi Etis dan Profesionalisme pada Auditor KAP di Surabaya”.


-          TUJUAN DAN MASALAH

·         RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme antara auditor pria dan wanita?

·         TUJUAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang perbedaan perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme jika dilihat dari gender.


-          DATA
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang meneliti secara langsung auditor KAP melalui daftar pernyataan (kuesioner) yang telah terstruktur.

-          ALAT ANALISIS
Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini melalui beberapa tahap analisis data. Tahap pertama adalah uji non respon bias untuk membandingkan jawaban responden yang kembali sesuai jadwal dengan yang tidak sesuai jadwal pengembalian melalui uji T-Test.
Pengujian ini merupakan perhitungan rata-rata tanggapan dari responden terhadap variabel-variabel penelitian dengan tarif signifikansi 5% (ρ > 0.05). Tahap kedua melakukan uji kualitas data, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan analisis butir. Korelasi yang digunakan adalah pearson product moment dengan membandingkan nilai koefisien korelasi dengan 0.3. Hanya item yang memiliki nilai korelasi lebih tinggi dari 0.3 yang diikutsertakan dalam pengujian (Sugiyono, 2007). Uji reliabilitas dimaksudkan untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel. Suatu kuesioner dikatakan reliable atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Reliabilitas dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan koefisien cronbach alpha. Jika nilai koefisien alpha lebih besar dari 0.6 maka disimpulkan bahwa instrumen penelitian tersebut handal atau reliable (Nunnally, 1960 dalam Ghozali, 2006).
Ketiga, peneliti melakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah suatu variabel terdistribusi secara normal atau tidak (Ghozali, 2006). Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan ρ value yang diperoleh dari hasil pengujian normalitas dengan tingkat signifikansi sebesar (α) 0.05. Data terdistribusi secara normal jika ρ value > (α) 0.05, tetapi jika ρ value < (α) 0.05 maka data tidak terdistribusi normal (Ghozali, 2006). Tahap terakhir, peneliti menganalisis perilaku etis, orientasi etis dan tingkat profesionalisme berdasarkan gender diukur menggunakan Independent Sample T-Test untuk menguji signifikansi beda rata-rata dua kelompok yang tidak berhubungan satu sama lain terkait variabel-variabel tersebut (Ghozali, 2006).

-          HASIL/KESIMPULAN

Uji Non Respon Bias
Pengujian non respon bias atas semua variabel pada Tabel 1 menunjukkan bahwa tingkat signifikansi probabilitasnya di atas 0.05 (ρ > 0.05), dimana nilai ρ variabel perilaku etis sebesar 0.738, orientasi etis sebesar 0.45 dan profesionalisme sebesar 0.504. Hal ini berarti jawaban dari responden yang kembali tepat waktu dengan yang terlambat tidak terdapat perbedaan, sehingga semua data dapat diolah secara bersama-sama dan mampu menjelaskan kesimpulan penelitian.


Statistik Deskriptif
Tabel 2 menunjukkan nilai rata-rata sangat tinggi pada variabel perilaku etis, baik antara auditor pria dan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa responden pria dan wanita memiliki perilaku etis yang sangat tinggi dalam melakukan pekerjaannya sebagai auditor. Nilai rata-rata pada variabel orientasi etis dan profesionalisme auditor pria dengan wanita memiliki kategori yang tinggi, tetapi nilai rata-rata responden pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Oleh karena itu, responden pria dinyatakan lebih tinggi dalam berorientasi etis dan bersikap professional dibandingkan wanita.











Uji Validitas
     Pengujian ini menggunakan Pearson Correlation yang membandingkan nilai koefisien korelasi dengan 0.3 (df). Semua pernyataan dari variabel perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasinya lebih besar dari 0.3. Hal ini berarti semua pernyataan yang berjumlah 51 butir dari 84 responden dapat dinyatakan valid. Data yang telah valid tersebut layak dipakai penulis pada pengujian selanjutnya dalam penelitian ini.

Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas ditentukan dengan koefisien Cronbach Alpha. Pengujian ini digunakan untuk menentukan konsistensi jawaban responden atas suatu instrument penelitian (Ikhsan, 2007). Nilai Cronbach Alpha pada Tabel 3 untuk variabel perilaku etis sebesar 0.827. orientasi etis sebesar 0.866 dan profesionalisme sebesar 0.870. Hal ini berarti semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini nilai koefisien alpha lebih dari 0.6 dan dapat dinyatakan handal atau reliable. Jawaban dari 84 responden yang konsisten tersebut dapat digunakan oleh penulis untuk pengujian selanjutnya.

Uji Normalitas
Pengujian ini digunakan untuk mengetahui apakah suatu variabel terdistribusi secara normal atau tidak. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov dilakukan dengan bantuan program SPSS, dimana membandingkan ρ value yang diperoleh dengan tingkat signifikansi sebesar (α) 0.05. Hasil uji normalitas pada Tabel 4 menunjukkan nilai siginifikansi perilaku etis sebesar 0.346, orientasi etis sebesar 0.781 dan profesionalisme sebesar 0.179. Nilai signifikansi pada setiap variabel tersebut lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0.05. Hal ini menyatakan bahwa H0 tidak dapat ditolak atau data telah terdistribusi secara normal.


Pengujian terakhir dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis yang menggunakan Independent Sample T-Test. Hal ini dikarenakan penelitian ini menguji tentang perbedaan antara responden pria sebanyak 40 orang dan wanita sebanyak 44 orang terhadap variabel perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme. Pengujian hipotesis dengan Independent Sample T-Test digunakan untuk menguji signifikansi beda rata-rata dua kelompok yang tidak berhubungan satu sama lain terkait variabel-variabel tersebut (Ghozali, 2006). Penarikan kesimpulan hipotesis dilihat dari hasil perbandingan tingkat signifikan uji T sebesar 0.05. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengintepretasikan hasil uji T adalah mengidentifikasikan terlebih dahulu nilai signifikansi pada uji Levene.

Pada Tabel 5, variabel perilaku etis memiliki nilai signifikansi dari Uji Levene lebih besar dari batas toleransi 0.05, yaitu sebesar 0.111. Hal ini menunjukkan bahwa data perilaku etis antara auditor pria dan wanita memiliki varians yang sama. Nilai signikansi uji T pada equal variances assumed juga menunjukkan nilai yang lebih besar dari taraf signifikansi 0.05, yaitu sebesar 0.996. Hasil analisis uji T pada variabel perilaku etis ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan perilaku etis antara auditor pria dan wanita. Variabel orientasi etis memiliki nilai signifikansi uji Levene yang lebih besar dari batas toleransi 0.05, yaitu sebesar 0.583. Hasil uji Levene ini menetapkan bahwa data orientasi etis memiliki varians yang sama antara auditor pria dan wanita. Uji T pada variabel ini memberikan nilai signifikan yang lebih besar dari taraf signifikansi 0.05. Hal ini dapat dilihat pada nilai signifikan T – Test dari equal variances assumed sebesar 0.279. Nilai uji T yang lebih besar dari taraf signifikan tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan orientasi etis antara auditor pria dan wanita. Uji Levene pada variabel profesionalisme juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.626 yang lebih besar dari batas toleransi 0.05. Hal ini berarti data profesionalisme auditor pria dan wanita memiliki varians yang sama. Hasil dari uji T pun juga memberikan nilai signifikan T-Test dari equal variances assumed yang lebih besar dari taraf signifikansi 0.05, yaitu sebesar 0.787. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan profesionalisme antara auditor pria dan wanita.


KESIMPULAN

Simpulan Riset Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis ada tidaknya perbedaan gender terhadap perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme auditor KAP di Surabaya. Hasil pengujian hipotesis dan analisis yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan perilaku etis antara auditor pria dan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa setiap auditor harus tetap memiliki perilaku etis yang sama dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kode etik akuntan publik. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan orientasi etis antara auditor pria dan wanita. Hal ini dikarenakan gender tidak dapat mempengaruhi seorang auditor untuk sadar dalam menentukan sikap yang tepat jika menghadapi suatu dilema etis. Gender juga tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis, baik ketika menilai tindakan yang dilakukan orang lain maupun ketika berhadapan sendiri dengan dilema etis. Simpulan lain yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan profesionalisme antara auditor pria dan wanita. Simpulan ini menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki peluang yang sama sebagai seorang auditor dengan tanggung jawab dan prestasi yang juga sama. Hal ini berarti berbagai sifat dan karakter masing– masing auditor tidak mempengaruhi sikap professional mereka dalam bekerja. Sikap profesional itulah yang akan membuat kinerja auditor dapat dipercaya oleh masyarakat.
Oleh karena itu, setiap auditor, baik pria mupun wanita, harus menunjukkan perilaku etis, orientasi etis dan sikap profesionalisme yang sama dalam bekerja. Implikasi Hasil penelitian ini dapat memberikan bukti bahwa tidak terdapat perbedaan antara auditor pria dan wanita terkait perilaku etis, orientasi etis dan profesionalisme. Hal ini diharapkan dapat menjadi referensi dan memberikan kontribusi bagi peneliti selanjutnya maupun para akademisi dalam rangka mengembangkan teori yang berkaitan dengan akuntansi keperilakuan, auditing dan profesionalisme. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada KAP bahwa tidak ada perbedaan bagi auditor pria dan wanita di Surabaya untuk berperilaku etis, berorientasi etis dan bersikap profesional dalam bekerja. Setiap KAP di Surabaya dapat mempekerjakan auditor tanpa membedakan gender, serta meningkatkan etika dan sikap professional auditornya. Begitu pula dengan auditor hendaknya tetap mempertahankan prioritas etis mereka dan selalu bersikap profesional dalam menyelesaikan pekerjaan agar kinerja mereka dapat dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Mereka dapat mengetahui bahwa gender tidak mempengaruhi mereka agar dapat berperilaku etis dan mampu meningkatkan profesionalisme sebagai akuntan publik yang handal.

Rekomendasi
Penelitian ini masih memiliki keterbatasan yang tidak dapat dilakukan oleh penulis, serta ada beberapa rekomendasi yang dapat diberikan agar keterbatasan tersebut diperbaiki oleh penelitian selanjutnya. Pertama, penelitian ini hanya menggunakan metode pengumpulan data primer melalui kuesioner yang secara langsung diberikan kepada objek penelitian. Metode ini hanya mampu mengambil kesimpulan yang didasarkan pada persepsi responden melalui instrumen tertulis, sedangkan persepsi orang berbeda-beda dalam mengartikan sesuatu yang disampaikan secara tertulis, sehingga pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan pula metode pengumpulan data yang lain, seperti wawancara langsung dan lain-lain. Kedua, analisis dan pembahasan perbedaan orientasi etis berdasarkan gender hanya diukur melalui dua indikator saja, yaitu idealisme dan relativisme. Penelitian ini seharusnya masih perlu diuji dan dianalisis kembali dengan mempertimbangkan faktor – faktor lain, seperti utilitarianisme, justice, egoism dan deontological. Ketiga, penelitian ini hanya terbatas didasarkan pada perbedaan gender. Penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian tidak hanya didasarkan pada gender, tetapi juga bisa menambahkan perbedaan wilayah, usia, disiplin ilmu dan sebagainya. Terakhir, penelitian selanjutnya hendaknya lebih memperluas sampel penelitian tidak hanya pada auditor saja, tetapi juga bisa memasukkan kelompok sampel lain, seperti akuntan pendidikan, akuntan manajemen atau akuntan pemerintahan. Semua rekomendasi ini diharapkan dapat menjadikan penelitian selanjutnya agar lebih komprehensif, obyektif dan akurat.


TEORI
Seorang auditor dapat diandalkan jika mereka mampu menjadi seorang profesional yang independen, memiliki pengetahuan audit yang memadai, serta memahami dengan benar pelaksanaan etika dalam menjalankan profesinya (Herawaty dan Susanto, 2009). Pengembangan dan kesadaran etis memegang peran penting dalam dunia akuntansi, sehingga profesi akuntan tidak boleh lepas dari etika bisnis (Ludigdo et al., 1999 dalam Nugrahaningsih, 2005).
Hebert et al. (1990) dalam Januarti (2011) menyatakan bahwa sensitivitas etis adalah kemampuan seseorang untuk mengetahui adanya permasalahan etis yang terjadi di lingkungan kerjanya. Harsanti et al. (2002) dalam Crismastuti et al. (2004) menyatakan bahwa kemampuan seorang profesional untuk mengerti dan sensitif terhadap masalah-masalah etika dalam profesinya dipengaruhi oleh lingkungan budaya tempat profesi tersebut, lingkungan profesi, lingkungan organisasi dan pengalaman pribadi. Selain itu, faktor-faktor individual yang menjadi cirri pembawaan sejak lahir juga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan etis, seperti gender, umur, kebangsaan dan lain-lain. Khomsiyah dan Indriantoro (1998) dalam Januarti (2011) juga menyatakan bahwa orientasi etis berpengaruh signifikan terhadap sensitivitas. Comunale et al. (2006) menambahkan bahwa orientasi etis dapat mempengaruhi reaksi yang timbul terhadap suatu kejadian atau masalah.
Mutmainah (2007) menyatakan bahwa wanita lebih sensitif dalam hal etika ketika mengungkapkan suatu kejadian etis atau tidak etis, serta memiliki latar belakang dan pengembangan moral yang lebih baik jika dibandingkan dengan pria. Seringkali wanita tidak menginginkan penyajian informasi yang salah tentang laporan keuangan suatu perusahaan dan mereka mampu membuat perubahan struktural dalam organisasi saat dirinya memiliki kekuasaan
di bidang perekonomian. Hal ini didukung dengan hasil penelitian Mutmainah (2007) yang menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan orientasi etis diantara pria dan wanita. Cohen et al. (1998) dalam Mutmainah (2007) juga memperkuat pernyataan jika wanita lebih memiliki sensitivitas etis dibandingkan pria di dalam situasi dilemma etis. Hasil penelitian ini tidak sesuai dengan penelitian Comunale et al. (2006) yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara variabel gender dan pertimbangan etika individu.

-          ETIKA

Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti kebiasaan, adat, watak, perasaan, sikap dan cara berpikir (Djaddang, 2006). Menurut Harsono (1997), etika adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah benar atau salah. Hal ini dikarenakan etika sama halnya dengan
moralitas, yaitu  adat kebiasaan yang menjadi sistem nilai sebagai pedoman dan tolak ukur yang baik dan buruk (Bertens, 1993). Dari kedua pengertian tersebut, etika dapat disimpulkan sebagai ilmu yang mengatur tentang tingkah laku manusia.Menurut Ikhsan (2008), etika merupakan dasar atau aturan yang menentukan benar atau salah. Sifat sangsi dari etika berupa moral psikologik, dimana mereka yang tidak beretika akan dikucilkan atau disingkirkan dari pergaulan kelompok profesi yang bersangkutan.

-          ETIKA PROFESI
Prinsip-prinsip etika diperlukan oleh suatu profesi, sehingga seorang profesional diharuskan bersikap lebih tinggi dibandingkan masyarakat pada umumnya. Etika profesi mencangkup standar-standar sikap bagi seorang profesional dalam melaksanakan tugasnya (Ikhsan, 2008). Etika profesi dinyatakan secara tertulis dan formal dalam bentuk kode etik. Kode etik bertujuan mengatur suatu kelompok profesi dalam masyarakat melalui ketentuan ketentuan tertulis yang harus dipegang teguh oleh kelompok tersebut (Bertens, 1993).




-          PERILAKU ETIS
Perilaku etis dalam berorganisasi adalahmelaksanakan tindakan secara adil sesuai dengan hukum dan peraturan pemerintah yang dapat diaplikasikan (Ress dan Mitra, 1998 dalam Nugrahaningsih, 2005). Larkin (2000) menyatakan bahwa kemampuan mengidentifikasi perilaku etis dan tidak etis sangat berguna dalam semua profesi, termasuk auditor. Perilaku etis bagi seorang auditor adalah melakukan setiap pekerjaan harus didasarkan pada kode etik akuntan
publik. Apabila seorang auditor melakukan tindakan yang tidak etis, maka hal tersebut akan
merusak kepercayaan masyarakat terhadap profesi auditor. Menurut Sihwahjoeni dan Gudono (2000) dalam Nugrahaningsih (2005), perilaku etis harus didasari persepsi terhadap kode etik, dimana dalam penelitian ini difokuskan pada faktor-faktor atau substansi kode etik akuntan publik, yaitu:
1.      Pelaksanaan kode etik
a.       Wajib menghayati dan mengamalkan kode etik akuntan publik dengan penuh rasa tanggung jawab.
b.      Mempunyai kewajiban moral untuk memelihara pelaksanaan kode etik sehingga mampu memperoleh hasil audit yang berkualitas.
c.       Wajib memastikan bahwa orang-orang yang terlibat dalam pemberian jasa profesional telah mematuhi prinsip obyektivitas.
d.      Mempunyai kewajiban untuk memastikan staf atau auditor yang berada di bawah pengawasan harus menghormati kerahasiaan klien.
e.       Melaksanakan jasa profesional sesuai dengan standar teknis profesional yang relevan.
2.      Penafsiran dan penyempurnaan kode etik
Faktor ini mewajibkan auditor untuk menafsirkan dan meyakini bahwa kode etik sebagai dasar penyempurnaan dalam menjalankan profesinya yang telah dilakukan oleh IAI dalam kongres. Hal ini berlaku pada saat IAI belum membentuk IAPI. Pada masa sekarang, IAPI telah dibentuk oleh IAI di tahun 2007, sehingga factor penafsiran dan penyempurnaan kode etik juga harus disesuaikan dengan perubahan tersebut. Wewenang untuk menyempurnakan kode etik telah menjadi tanggung jawab IAPI, dimana IAPI sebagai organisasi profesi akuntan publik berwenang melaksanakan ujian sertifikasi akuntan publik, penyusunan dan penerbitan standar profesional dan etika akuntan publik, serta menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan bagi seluruh akuntan publik di Indonesia (www.iapi.or.id). Faktor ini dihubungkan dengan beberapa substansi sebagai berikut :
a.       Bahwa IAPI menertibkan penafsiran kode etik untuk memenuhi pertanyaan yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kode etik di kemudian hari.
b.      Bahwa kepatuhan dalam pelaksanaan kode etik adalah sebagai dasar penyempurnaan dalam menjalankan tugas profesi.
c.       Bahwa dalam kepengurusan pusat IAI telah dibentuk komite kode etik.
d.      Bahwa IAPI berhak melakukan penyempurnaan kode etik.

-          ORIENTASI ETIKA
Orientasi etis diartikan sebagai dasar pemikiran dalam menentukan sikap dan arah secara tepat dan benar yang berhubungan dengan dilema etis (Salim, 1991 dalam Mutmainah, 2007). Hal ini berkaitan dengan konsep diri dan sikap pribadi dalam memandang dan melakukan pertimbangan-pertimbangan moral. Menurut Cohen (1980) dalam Chrismastuti (2004), orientasi seseorang ditentukan kebutuhannya yang berinteraksi dengan pengalaman pribadi dan sistem nilai individu untuk menentukan tujuan dan tindakan yang akan diambilnya. Dalam penelitian-penelitian psikologis, orientasi etis dikendalikan oleh dua karakter, yaitu idealisme dan relativisme.

Idealisme adalah suatu sikap yang menganggap bahwa tindakan yang tepat atau benar akan menimbulkan hasil yang diinginkan tidak melanggar nilai-nilai etika (Forsyth, 1980 dalam Falah, 2007). Seorang individu yang idealis mempunyai prinsip bahwa merugikan orang lain merupakan tindakan yang harus dihindari dan tidak boleh melakukan hal yang berkonsekuensi negatif. Jika terdapat dua pilihan yang semuanya berakibat negatif, maka seorang idealis akan mengambil pilihan yang paling sedikit menimbulkan akibat buruk bagi orang lain.

Relativisme etis merupakan teori yang menilai tindakan dikatakan etis atau tidak tergantung pada pandangan masyarakat itu sendiri (Forsyth, 1980 dalam Falah, 2007). Teori ini meyakini bahwa setiap individu akan memiliki keyakinan etis yang berbeda sehingga tidak ada standar etis yang secara absolut dinyatakan benar. Seorang individu yang memiliki sifat relativisme akan mengasumsikan bahwa tidak mungkin untuk mengembangkan atau mengikuti prinsip-prinsip moral yang berlaku umum ketika membuat keputusan.

-          PROFESIONALISME
Menurut Lee (1995) dalam Ikhsan (2007), profesional merupakan suatu bentuk praktisi yang memiliki komitmen jelas untuk melayani kepentingan publik dan menawarkan kepada klien segala pelayanan yang berhubungan dengan intelektualitas dan ilmu pengetahuan. Seseorang dapat dikatakan profesional jika memenuhi tiga syarat, yaitu ahli dalam menjalankan tugas, sesuai dengan standar profesi yang telah ditetapkan dan berhati-hati dalam melakukan profesinya.

-          GENDER
Istilah gender menurut Umar (1993) dalam Hastuti (2007) adalah suatu konsep kultural yang membedakan antara pria dan wanita dalam hal peran, perilaku, mentalitas dan karakteristik emosional di kalangan masyarakat. Perbedaan inilah yang mengakibatkan antara pria dan wanita memiliki penilaiannya sendiri dalam mengelola, mencatat dan mengkomunikasikan hal atau informasi untuk menjadi suatu hasil. Gill Palmer dan Tamilselvi Kandasami (1997) dalam Trisnaningsih (2004) mengklasifikasikan gender dalam dua stereotipe, yaitu sex role stereotype dan
managerial stereotype.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar