Rabu, 06 April 2016

AKUNTANSI INTERNASIONAL



Perusahaan Multinasional – Nokia


Nama              : Imamatul Husni
Kelas               : 4EB22
NPM               : 23212645
Dosen              : Dini Andriani

Sejarah Perusahaan

NOKIA adalah perusahaan yang dibangun untuk tujuan pabrik atau industri seluler. Kita selidiki, kata NOKIA berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negar Finlandia Selatan.Sejarah NOKIA ditemukan oleh Fredrik Idestam untuk perusahaan mesin penggilingan bubur kayu pada tahun 1865. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. Tahun 1950-an chief executive officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, masa depan pertumbuhan beberapa sektor ini (bubur kayu dan kertas) akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki (disini udah mulai menjurus ke seluluer)
Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). Dan tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi Nokia. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun, tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia berjalan sukses. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman, SEL, tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus.
Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.
Pada awal 1990-an Nokia sempat krisis, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan Nokia menjadi nomor satu.
Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA, karena itulah moto NOKIA.
Anda tau bahwa dulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), tapi sekarang apa kata Orang Ddepartemen Luar Negeri negara itu (Jyrki Vesikansa) : “Dulu kami hidup dari hutan, tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia,”.
Nokia saat ini

Saat ini, Nokia telah menciptakan berbagai macam ponsel dengan fungsi yang berbeda-beda. Perusahaan Nokia juga telah memastikan dalam hal diversifikasi dan segmentasi dari setiap produknya. Nokia selalu mendorong perusahaan mereka untuk selalu terdepan dalam hal research.
Pada tahun 1999, Nokia meluncurkan Nokia 7110, sebuah ponsel yang memiliki kemampuan dasar berbasis fungsi web termasuk email. Sekitar bulan November 2001, Nokia meluncurkan ponsel pertama yang telah built-in kamera, lalu Nokia 7650 dan Nokia 3650.
Selama bertahun-tahun, Nokia telah bekerja untuk membuat praktek bisnis dan produknya yang memiliki tanggung jawab sosial dengan menciptakan handset ramah lingkungan dan membangun skema ponsel daur ulang untuk membawa manfaat mobilitas ke pasar negara berkembang. Nokia pun kini menghadapi tantangan dari berbagai kalangan dan belahan dunia, terutama oleh iOS dan Android. Dilatar belakangi oleh hal inilah pada bulan September 2010, Nokia menunjuk Stephen Elop sebagai Presiden dan CEO yang juga merupakan mantan kepala divisi bisnis Microsoft, berikut peran di Juniper Networks dan Adobe Systems Inc. Seorang Elop ini memiliki latar belakang pengetahuan software yang kuat dan terbukti memiliki kemampuan dalam memberikan adanya perubahan dalam manajemen.
Pada bulan Februari 2011, Nokia mengumumkan bergabungnya Nokia dengan Microsoft untuk memperkuat posisinya di pasar smartphone. Kemitraan strategis ini melihat smartphone Nokia mengadopsi sistem operasi baru Windows 7 yang ber-platform Tujuannya adalah untuk membangun ekosistem ketiga untuk saingan Nokia, iOS saingan dan Android. Dengan bergabungnya Nokia dan Microsoft, Nokia meluncurkan smartphone Nokia yang pertama yang menggunakan Windows Phone, yaitu Nokia Lumia 800dan Nokia Lumia 710 pada bulan Oktober 2011 lalu.


Induk Perusahaan

Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia


Cabang Perusahaan

1.      Chendung.
2.      Shanghai.
3.      Beijing.
4.      Guangzhou








LABA/RUGI Perusahaan

penerus CEO Nokia Stephen Elop melakukan kegagalan yang sama. Dalam kurun delapan bulan kepemimpinan Elop, saham Nokia merosot 42%.
Perusahaan Finlandia itu memaparkan penjualan dan perkiraan margin yang mereka dapat dari produk maupun unit layanan tahun ini. Nokia melaporkan rangkaian kegagalan substansial di kuartal ini. Saham Nokia merosot 18% ke level terendah selama 13 tahun, melampaui penurunan saham 14% pada Februari 2011 saat Elop mengumumkan kesepakatan untuk mengadopsi sistem operasi dari Microsoft Corp.
Nokia mengalami penurunan pangsa pasar smartphone dari 50,8% di kuartal kedua 2007 menjadi 25,5% pada kuartal pertama 2011, berdasarkan keterangan Gartner Inc. Di kuartal pertama ini pula, pendapatan Nokia naik 6,4% menjadi 7,09 euro. Jumlah yang relatif rendah jika dibandingkan iPhone yang mencapai US$ 12,3 miliar. Konsumen AS juga mengalami penurunan kecintaan terhadap Nokia, berdasarkan survei Enders Analysis. Sekitar 16% koresponden memilih gunakan perangkat Nokia di 2011, berbanding dengan 27% koresponden menyukai Nokia di 2010.
Bahkan di pasar negara berkembang Cina yang membutuhkan ponsel berharga murah bagi penduduk di pedesaan, Nokia juga tidak mampu bersaing dengan pemasok lokal yang menawarkan harga lebih rendah, ujar pihak Nokia kepada Bloomberg. Di kuartal kedua 2011, margin operasional unit juga diperkirakan jatuh 6% sampai 9%.
Pada bagan berikut kita bisa lihat bahwa penjualan nokia menurun di semua negara pada tahun 2011


Kelebihan dan Kelemahan Perusahaan

KELEBIHAN
Adapun kelebihan yang terdapat pada perusahaan NOKIA antara lain :
1.      Memiliki brand-image yang melekat di masyarakat
2.      Desain produk-produk Nokia sangat baik dan diunggulkan.
3.      Nokia merupakan supplier high-end mobile handsets.
4.      Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
5.      Nokia senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
6.      Nokia menawarkan produk-produk yang berkualitas
7.      Produk-produk yang ditawarkan Nokia merupakan produk teknologi terkini, yang sangat di cari orang baik dari segi design maupun applikasi yang ada
8.      Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
9.      Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
10.  Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar
KELEMAHAN
Ada pun kelemahan yang terdapat pada perusahan NOKIA :
1.      Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Nokia kepada para pesaingnya.
2.      Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
3.      Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
4.      Untuk beberapa versi Handphone yang di ciptakan, masih banyak kesalahan di bagian software dan komponen handphone
5.      Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
6.      Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
7.      Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
8.      Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar