1. Buatlah
satu contoh laporan keuangan perusahaan riil dan universal (Neraca/
laporan
laba rugi)
2. Apa
arti dari CSR tentang tanggung jawab sosial suatu bisnis pada masyarakat
dan
berilah 1 contoh perusahaan riil dan universal untuk implementasi CSR.
3. Jelaskan
perkembangan bisnis internasional pada kurun 5 tahun terakhir dan 10
tahun
mendatang.
JAWAB
:
1.
A. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT. COCA COLA COMPANY
NERACA KOMPARATIF
18 Desember 2010 dan 2011
(Disajikan
Dalam Jutaan Rupiah)
AKTIVA
|
2010
|
2011
|
Perubahan
|
|||||
Dalam%
|
Dalam rupiah
|
|||||||
Aktiva
Lancar
|
||||||||
Kas
dan setara kas
|
4.271.208
|
4.538.051
|
-5,88
|
(266.843)
|
||||
Investasi jangka pendek
|
623.134
|
227.337
|
174,10
|
395.797
|
||||
Piutang Usaha bersih
|
|
|||||||
Pihak ke tiga
|
2.087.348
|
2.022.069
|
3,23
|
65.279
|
||||
Pihak yang mempunyai hubungan istimewa
|
172.734
|
114.332
|
51,08
|
58.402
|
||||
Bukan Usaha
|
||||||||
Pihak ke tiga
|
404.927
|
146.983
|
175,49
|
257.944
|
||||
Pihak yang mempunyai hubungan istimewa
|
95.962
|
84.447
|
13,63
|
11.515
|
||||
Persediaan Bersih
|
6.061.219
|
4.172.388
|
45,26
|
1.888.831
|
||||
Uang muka dan jaminan
|
266.126
|
239.116
|
11,29
|
27.010
|
||||
Pajak dibayar di muka
|
461.862
|
160.660
|
187,47
|
301.202
|
||||
Beban tanaman ditangguhkan
|
61.672
|
27.037
|
128,10
|
34.635
|
||||
Biaya dibayar di muka dan aktiva lancar lainnya
|
92.230
|
76.709
|
20,23
|
15.521
|
||||
Jumlah aktiva
lancar
|
14.598.422
|
11.809.129
|
23,61
|
2.789.293
|
||||
Aktiva Tidak Lancar
|
||||||||
Tagihan
pajak penghasilan
|
81.594
|
49.545
|
64,68
|
32.049
|
||||
Piutang
plasma – bersih
|
401.172
|
236.120
|
69,90
|
165.052
|
||||
Aktiva
pajak tangguhan – bersih
|
229.515
|
167.299
|
37,18
|
62.216
|
||||
Penyertaan jangka panjang dan uang muka untuk
pembelian investasi
|
164.864
|
20.219
|
715,39
|
144645
|
||||
Tanaman perkebunan
|
||||||||
Tanaman menghasilkan – setelah dikurangi
akumulasi amortisasi
|
3.618.678
|
3.305.778
|
9,46
|
312.900
|
||||
Tanaman belum menghasilkan
|
1.593.691
|
1.499.069
|
6,31
|
94.622
|
||||
Aset tetap - setelah dikurangi akumulasi
penyusutan
|
9.586.545
|
8.166.816
|
17,38
|
1.419.729
|
||||
Beban ditangguhkan – bersih
|
564.156
|
477.336
|
18,18
|
86.820
|
||||
Goodwill – bersih
|
4.484.479
|
3.074.823
|
45,84
|
1.409.656
|
||||
Aktiva tidak berwujud – bersih
|
2.598.148
|
0
|
2.598.148
|
|||||
Aktiva tidak lancar lainnya
|
1.673.000
|
900.761
|
85,73
|
772.239
|
||||
Jumlah Aktiva Tidak Lancar
|
24.995.842
|
17.897.766
|
39,65
|
7.098.076
|
||||
Jumlah Aktiva
|
39.594.264
|
29.706.895
|
33,28
|
9.887.369
|
||||
KEWAJIBAN DAN
EKUITAS
|
2008
|
2007
|
Perubahan
|
|||||
Dalam%
|
Dalam Rp
|
|||||||
Kewajiban Lancar
|
||||||||
Hutang bank jangka pendek dan cerukan
|
7.634.711
|
5.734.104
|
33,14
|
1.900.607
|
||||
Hutang
“trust
receipts”
|
2.153.921
|
1.205.892
|
78,61
|
948.029
|
||||
Hutang Usaha
|
||||||||
Pihak ketiga
|
2.449.368
|
1.764.253
|
38,83
|
685.115
|
||||
Pihak
yang mempunyai hubungan istimewa
|
65.321
|
71.013
|
-8,01
|
-5.692
|
||||
Bukan
usaha
|
||||||||
Pihak
ketiga
|
458.818
|
505.075
|
-9,15
|
-46.257
|
||||
Pihak
yang mempunyai hubungan istimewa
|
208.559
|
124.291
|
67,79
|
84.268
|
||||
Beban
masih harus dibayar
|
1.103.395
|
1.190.093
|
-7,28
|
-86.698
|
||||
Hutang
pajak
|
598.091
|
496.279
|
20,51
|
101.812
|
||||
Pinjaman jangka panjang yang jatuh tempo
dalam waktu satu tahun
|
||||||||
Hutang obligasi - bersih
|
975.309
|
1.224.464
|
-20,34
|
-249.155
|
||||
Hutang bank
|
606.610
|
567.509
|
6.88
|
39.101
|
||||
Hutang sewa
|
8.058
|
5.704
|
41,26
|
2.354
|
||||
Jumlah Kewajiban
Lancar
|
16.262.161
|
12.888.677
|
26,17
|
3.373.484
|
||||
Kewajiban Tidak
Lancar
|
||||||||
Pinjaman jangka panjang -
setelah dikurangi bagian yang jatuh tempo dalam waktu
satu tahun
|
||||||||
Hutang bank
|
5.204.922
|
688.719
|
655,73
|
4.516.203
|
||||
Hutang obligasi - bersih
|
1.989.588
|
2.960.430
|
-32,79
|
-970.842
|
||||
Hutang sewa
|
6.088
|
6.549
|
-7,03
|
-461
|
||||
Jumlah pinjaman jangka panjang
|
7.200.598
|
3.655.698
|
96,96
|
3.544.900
|
||||
Kewajiban pajak tangguhan – bersih
|
1.888.123
|
1.517.928
|
24,38
|
370.195
|
||||
Estimasi kewajiban imbalan kerja
|
980.543
|
729.081
|
34,49
|
251.462
|
||||
Kewajiban tidak lancar lainnya
|
100.944
|
0
|
-
|
100.944
|
||||
Jumlah Kewajiban
Tidak Lancar
|
10.170.208
|
5.902.707
|
72,29
|
4267.501
|
||||
Goodwill - bersih
|
2.955
|
3.134
|
-5,71
|
-179
|
||||
Hak minoritas atas aktiva bersih anak perusahaan
|
4.660.191
|
3.721.828
|
25,21
|
938.363
|
||||
EKUITAS
|
2010
|
2011
|
Perubahan
Persen%
DalamRp
|
|||||
Modal
saham - nilai nominal Rp100
per saham
|
||||||||
Modal
dasar - 30.000.000.000 saham
Modal
ditempatkan dan disetor penuh
|
878.043
|
944.419
|
-7,02
|
-66.376
|
||||
Agio
saham
|
1.497.733
|
1.182.046
|
26,70
|
315.687
|
||||
Selisih nilai transaksi restrukturisasi antara
entitas sepengendali
|
(1.160.859)
|
(1.051.958)
|
10,35
|
-108.901
|
||||
Laba
yang belum terealisasi atas investasi efek - bersih
|
185.315
|
154.167
|
20,20
|
31.148
|
||||
Selisih perubahan ekuitas anak Perusahaan
|
1.572.446
|
1.611.683
|
-2,43
|
-39.237
|
||||
Selisih kurs atas penjabaran laporan keuangan
|
197.684
|
28.057
|
604,58
|
169.627
|
||||
Modal proforma
|
0
|
63.953
|
-100,00
|
-63.953
|
||||
Saldo laba
|
||||||||
Telah ditentukan penggunaannya
|
60.000
|
55.000
|
9.09
|
5.000
|
||||
Belum ditentukan penggunaannya
|
5.268.387
|
4.944.251
|
6,55
|
324.136
|
||||
Modal
saham yang diperoleh kembali
|
0
|
(741.069)
|
-100,00
|
741.069
|
||||
Jumlah
Ekuitas Bersih
|
8.498.749
|
7.190.549
|
18,19
|
1.308.200
|
||||
JUMLAH
KEWAJIBAN DAN EKUITAS
|
39.594.264
|
29.706.895
|
33,28
|
9.887.369
|
||||
LAPORAN LABA
RUGI KOMPARATIF
Tahun
Yang Berakhir Pada
Tanggal-tanggal
18
Desember 2010, 2011
(Disajikan Dalam Jutaan
Rupiah)
|
2010
|
2011
|
Perubahan
|
|
Dalam%
|
Dalam Rp
|
|||
Penjualan
Bersih
|
38.799.279
|
27.858.304
|
39,27
|
10.940.975
|
Beban
Pokok Penjualan
|
29.822.362
|
21.232.761
|
40,45
|
8.589.601
|
Laba
Kotor
|
8.976.917
|
6.625.543
|
35,48
|
2.351.374
|
Beban Usaha
|
||||
Penjualan
|
2.742.292
|
2.339.821
|
17,20
|
402.471
|
Umum
Dan Administrasi
|
1.893.149
|
1.409.282
|
34,33
|
483.867
|
Jumlah
Beban Usaha
|
4.635.441
|
3.749.103
|
23,64
|
886.338
|
Laba
Usaha
|
4.341.476
|
2.876.440
|
50,93
|
1.465.036
|
Penghasilan/(Beban)
Lain-Lain
|
||||
Penghasilan
bunga
|
168.516
|
158.347
|
6,42
|
10.169
|
Beban
bunga dan
pendanaan lainnya
|
(1.157.562)
|
(710.615)
|
62,89
|
446.947
|
Laba/(rugi)
kurs – bersih
|
(713.131)
|
13.411
|
-5417,50
|
(726.542)
|
Lain-lain
– bersih
|
(39.476)
|
(296.174)
|
-86,67
|
(256.698)
|
Beban
Lain-lain – Bersih
|
(1.741.653)
|
(835.031)
|
108,57
|
906.622
|
Laba
Sebelum Manfaat (Beban)
Pajak Penghasilan
|
2.599.823
|
2.041.409
|
27,35
|
558.414
|
Manfaat/(Beban)Pajak
Penghasilan
|
||||
Tahun
berjalan
|
(1.181.312)
|
(878.006)
|
34,54
|
303.306
|
Tangguhan
|
379.759
|
187.314
|
102,73
|
192.445
|
Beban
Pajak Penghasilan -
Bersih
|
(801.553)
|
(690.692)
|
16,05
|
110.861
|
Laba
Sebelum Hak Minoritas
Atas
Laba Bersih AnakPerusahaan
Dan Penyesuaian Proforma
|
1.798.270
|
1.350.717
|
33,13
|
447.553
|
Hak
Minoritas Atas Laba
Bersih Anak Perusahaan – Bersih
|
(782.597)
|
(387.270)
|
102,08
|
395.327
|
Penyesuaian
Proforma
|
18.716
|
16.910
|
10,68
|
1.806
|
Laba Bersih
|
1.034.389
|
980.357
|
5,51
|
54.032
|
2 Definisi CSR (Corporate Social
Responsibility) adalah
suatu
tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan
perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap
sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh bentuk
tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang
dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan,
pemberian
beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan
fasilitas
umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan
berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di
sekitar
perusahaan tersebut berada. Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan
fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan
kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era
dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka
panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
CONTOH
CORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY (TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN) :
STRUKTUR
ORGANISASI
PLN
telah “berkomitmen menjadikan
tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan
masyarakat,
mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan
menjalankan
kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”, PLN bertekad menyelaraskan
pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi,
sosial dan
lingkungan. Untuk itu, PLN mengembangkan Program Corporate Social
Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari Tanggungjawab Sosial
Perusahaan
Wewenang
dan tanggung jawab Program
Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan (CSR)
PT PLN (Persero), mencakup di antaranya:
·
Menyusun dan melaksanakan
kebijakan
pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan sebagai bagian dari
tanggung
jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup kegiatan Community
relation,
Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.
·
Menyusun dan melaksanakan
program
kepedulian sosial perusahaan.
·
Menyusun dan melaksanakan
program
kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan.
·
Memastikan tersedianya dan
terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan upaya
pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate
Governance.
3.
Perkembangan
bisnis
internasional 5 tahun terakhir
A.
Perkembangan Perdagangan Luar
Negeri
Perkembangan
Ekspor
Nilai
ekspor Indonesia hingga bulan Juli tahun 2011
mencapai US$ 116,04 miliar mengalami peningkatan sebesar 36,5 persen
dibanding
ekspor periode yang sama tahun 2010, yang masih dalam proses pemulihan
seiring
menurunnya permintaan luar negeri akibat krisis global yang terjadi
sepanjang
tahun 2009. Peningkatan ini dipacu oleh peningkatan ekspor migas sebesar
47,4
persen, dan ekspor non migas sebesar 33,1 persen.Sementara itu, ekspor
pada
bulan Juli 2011 mengalami penurunan sebesar 5,2 persen dibandingkan
bulan sebelumnya.
Lebih rendahnya nilai ekspor di bulan Juli dibandingkan dengan bulan
sebelumnya
lebih diakibatkan oleh turunnya nilai ekspor nonmigas pada bulan Juli
2011
sebesar 7,93 persen. Hingga bulan Juli 2011, ekspor produk industri
masih
menjadi penyumbang terbesar ekspor dengan kontribusinya sebesar 60,8
persen,
diikuti oleh komoditas pertambangan (16,4persen) dan komoditas pertanian
(2,6
persen). Impor
non
migas mencakup 79,8 persen dari total ekspor, sementara
migas 20,2 persen. Jika sektor pertambangan mencatat pertumbuhan
tertinggi
yaitu 35,8 persen sepanjang tahun 2010, hingga bulan Juli 2011, ekspor
produk industri
terlihat tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan komoditas pertambangan
dan pertanian,
yaitu dengan laju sebesar 34,9 persen .Sepanjang tahun 2010, Jepang
masih
menjadi pangsa pasar ekspor nonmigas Indonesia terbesar, dengan
kontribusi sebesar
12,7 persen. Sementara pada tahun yang sama, China menjadi negara tujuan
ekspor
terbesar kedua setelah Jepang, dengan kontribusi sebesar 10,9 persen.
Memasuki
pertengahan tahun 2011, China menyalip Jepang menjadi negara tujuan
ekspor
terbesar Indonesia dengan 11,8% (diikuti Jepang dengan 11,3%).
Perkembangan
Impor
Nilai
impor Indonesia hingga bulan Juli tahun 2011
mencapai US$99,6 milyar atau meningkat sebesar 31,9 persen dibanding periode yang sama tahun 2010 yang
besarnya US$75,6 miliar. Sementara pada bulan juli 2011, nilai impor
Indonesia
mencapai US$ 16,1 miliar, meningkat 27,2 persen dibandingkan juli
2010.Impor
migas hingga bulan Juli 2011 meningkat sebesar 51,3 persen dibandingkan
periode
yang sama tahun 2010, sementara impor non migas meningkat sebesar 27,0
persen
(yang dipicu oleh kenaikan nilai ekspor barang konsumsi dan bahan baku
sebesar
masing-masing 35,0% dan 36,0%). Hingga bulan Juli 2011, impor nonmigas
berkontribusi sebesar 79,9 persen dari total impor Indonesia hingga
Bulan Juli
2011, sementara impor migas berkontribusi sebesar 20,1 persen. Impor
bahan baku
masih mendominasi impor Indonesia Jan-Jul 2011 dengan 75,2 persen dari
total
impor nonmigas, diikuti oleh impor barang modal (17,2 persen), dan
barang
konsumsi (7,6 persen). Impor kelompok bahan baku dan barang konsumsi
hingga
bulan Juli 2011 mengalami peningkatan tajam bila dibandingkan periode
yang sama
tahun 2010, menandakan pulihnya sektor industri domestic seiring
pulihnya
tingkat konsumsi masyarakat dan perekonomian pasca krisis global. Hingga
bulan
Juli 2011, negaranegara ASEAN masih menjadi asal impor Indonesia yang
terbesar,
yaitu sebesar 22,5 persen. China menjadi negara asal impor terbesar
kedua
dengan kontribusi sebesar 18,7 persen, diikuti Jepang dengan 13,6
persen.
B.
PERKEMBANGAN
PERDAGANGAN DALAM NEGERI
Perkembangan
Indeks Penjualan Ritel
Indeks
penjualan ritel pada periode pada bulan Juli
2011 tercatat sebesar 296,0. Secara rata-rata, indeks penjualan ritel
pada
periode Jan-Jul 2011 tercatat sebesar 262,5.Setelah sempat mengalami
penurunan
pada bulan Februari 2011, indeks penjualan ritel terus mengalami
peningkatan
hingga bulan Juli 2011. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh tren
meningkatnya
konsumsi masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri dan masa liburan sekolah.
C.
PERKEMBANGAN
HARGA KOMODITAS
Harga
Komoditas Bahan Pokok di Pasar Domestik
Periode
Januari-September 2011, harga beras medium,
gula pasir, tepung terigu, dan minyak goreng curah mengalami tren yang
relative
stabil, kecuali minyak goreng dalam kemasan yang mengalami tren
peningkatan
harga.Harga beras medium tertinggi per16 September 2011 terjadi di Jambi
(sebesar Rp.8.400,-/kg) dan terendah di Gorontalo (sebesar
Rp.6.000,-/kg)
Harga
Komoditas di Pasar Internasional
Setelah
sempat mengalami peningkatan sesaat terkait
pertemuan OPEC pada tanggal 8 Juni 2011 (saat para anggota gagal
menyepakati
peningkatan produksi), harga minyak mentah pada bulan Juli 2011 turun
sebesar
2,1 persen (harga rata-rata bulan Juli adalah sebesar US$ 105.9/bbl)
akibat
pengumuman International Energy Agency (IEA) untuk mengeluarkan 60 juta
barel
minyak ke pasar (yang diambil dari persediaan stok strategis) untuk 30
hari
kedepan.Semester I tahun 2011, harga komoditas non-energi naik 3,0
persen,
didorong oleh kenaikan harga pupuk sebesar 26,0 persen yang diakibatkan
oleh
tingginya permintaan.
Indonesia dan
Pemulihan Krisis Ekonomi Global
Di
saat pertumbuhan ekonomi global 2011 hanya mencapai 3,9 persen,
Indonesia mampu
mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen. Hal ini merupakan
pertumbuhan
yang tinggi di saat dunia dilanda krisis sejak 2008, sekaligus yang
tertinggi
di Asia Tenggara dan tertinggi ke-3 di Asia-Pasifik, setelah Cina dan
India.
Angka pertumbuhan 6,5 persen telah menempatkan Indonesia sebagai negara
dengan
pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam kelompok G-20, kelompok yang
menguasai 85
persen ekonomi dunia.
Apa
yang menjadi keberhasilan pertumbuhan ekonomi Indonesia? Dalam 5 tahun
terakhir, sejak krisis ekonomi melanda dunia pada 2008, perkembangan
ekonomi
Indonesia menunjukkan sinyal positif, dengan profil ekonomi yang kokoh
dan
fiskal yang sehat. PDB sebesar US$ 854 miliar pada 2011 telah
menempatkan
Indonesia sebagai negara ke-16 dengan ekonomi terbesar di dunia. Saat
ini PDB
Indonesia telah melampaui sejumlah negara Eropa, termasuk Belanda.
Cadangan
devisa terus meningkat sejak 2008, dari US$ 51 miliar menjadi US$ 106,5
miliar
(per 30 Juni 2012) atau meningkat 109 persen. Pada 2006, Indonesia
berhasil
melunasi seluruh utang kepada IMF sebesar US$ 9,1 miliar. Profil
perkembangan
ekonomi Indonesia dalam kurun 2-3 tahun terakhir ini telah menarik
perhatian
sejumlah negara, termasuk lembaga internasional. Bank Dunia telah
memproyeksikan bahwa Indonesia bersama Brasil, Cina, India, Korea
Selatan, dan
Rusia akan menyumbangkan 50 persen pertumbuhan global pada 2025.
Kunjungan
Presiden Republik Cek, Kanselir Jerman, Direktur IMF, dan Direktur Bank
Dunia
baru-baru ini ke Jakarta juga bermaksud untuk menggali prospek kerja
sama dan
melakukan diskusi pemulihan global, sebagai bentuk apresiasi dunia yang
tinggi
terhadap keberhasilan Indonesia dalam mengelola perekonomiannya. Dunia
melihat
Indonesia merupakan negara yang dapat berperan besar dalam menahan laju
perlambatan global dewasa ini. Dengan profil ekonomi yang kokoh dan
kedisiplinan fiskal yang terjaga dengan baik, Indonesia dipandang mampu
menjadi raw
model bagi negara
lain, khususnya bagi zona Eropa, untuk keluar dari krisis ekonomi yang
berkepanjangan.
Indonesia
juga berupaya mengajak negara-negara lain untuk bergandengan tangan
dalam
mencari upaya pemulihan global yang masih mendera dunia selama 5 tahun
terakhir. Melalui forum KTT G-20 dan Rio+20, Indonesia telah mendorong
komitmen
seluruh anggota G-20 untuk turut serta mengupayakan solusi krisis
global,
khususnya di kawasan Eropa. Indonesia berbagi pengalaman terkait dengan
model financial
inclusion yang
telah
dilakukan selama beberapa tahun ini. Kesepakatan lainnya adalah komitmen
pembiayaan negara-negara yang dilanda krisis utang, yang menjadi salah
satu
faktor perlambatan ekonomi dunia. Termasuk di antaranya komitmen anggota
G-20
untuk mendukung lembaga-lembaga dunia, seperti IMF dan Bank Dunia, yang
selama
ini merupakan lembaga donor internasional yang banyak mengawal
pertumbuhan
global.
Sebagai
lembaga donor internasional, IMF tentunya memerlukan dana yang relatif
besar.
Dana ini tidak hanya diperuntukkan bagi pemulihan zona Eropa, tapi juga
bagi
negara-negara miskin lainnya, sehingga keseimbangan global dapat terjaga
dengan
baik. Indonesia sangat berkepentingan dalam menjaga keseimbangan ekonomi
global
ini untuk menyokong akselerasi pembangunan dan pemerataan ekonomi
nasional.
Tekanan perlambatan ekonomi global berdampak besar bagi pembangunan
ekonomi
nasional. Hal ini dapat dirasakan dalam 2 bulan terakhir, ketika surplus
neraca
perdagangan Indonesia mengalami penurunan, yang salah satunya sebagai
akibat
dari menurunnya permintaan global. Dengan pertimbangan tersebut, sebagai
bentuk
komitmen global dan turut berkontribusi pada penyelesaian krisis ekonomi
global, Bank Indonesia berencana membeli surat berharga (obligasi) IMF
sebesar
US$ 1 miliar. Pembelian surat berharga IMF ini merupakan bentuk komitmen
Indonesia terhadap pemulihan global, yang pada akhirnya juga berdampak
pada
pembangunan ekonomi nasional.
Penempatan
dana melalui pembelian surat berharga IMF ini tidak menggunakan APBN,
karena
tercatat sebagai cadangan devisa berbentuk surat berharga. Penempatan
dana
(melalui pembelian obligasi IMF) menggunakan cadangan devisa di Bank
sentral
yang memang selama ini sebagian di antaranya dibelikan surat berharga,
seperti
US T-Bonds dan surat berharga beberapa negara, seperti dari Australia,
Inggris,
Kanada, dan Jerman. Penempatan dana ini bisa menghasilkan bunga berbasis
special drawing rights (SDR). SDR ini merupakan cadangan
aset
internasional IMF yang bisa ditarik sewaktu-waktu jika dana utama IMF di
bawah
US$ 100 miliar. Hingga saat ini, dana utama IMF sebesar lebih dari US$
400
miliar. Di sisi lain, pembelian obligasi IMF ini diharapkan dapat
berdampak
terhadap stabilitas ekonomi dan keuangan global yang diprediksi akan
tetap berisiko
dalam 2 tahun ke depan. Revisi proyeksi pertumbuhan global pada 2012 dan
2013
merupakan indikasi masih besarnya risiko stabilitas ekonomi dan keuangan
global
yang secara tidak langsung dapat berdampak bagi perekonomianIndonesia.
Mendukung
upaya pemulihan global bagi Indonesia merupakan langkah strategi guna
memuluskan kepentingan nasional karena akan menahan tekanan menurunnya
permintaan, menahan volatilitas nilai tukar, meningkatkan investasi
jangka
panjang yang dapat digunakan untuk pembiayaan infrastruktur, serta
meningkatkan
sektor riil. Tentunya langkah ini dilakukan tanpa mengurangi skala
prioritas
untuk pembenahan ekonomi dalam negeri, di mana sejumlah agenda
percepatan
pembangunan infrastruktur dan sistem logistik nasional dilakukan. Selain
itu,
upaya ini dimaksudkan untuk mempersiapkan daya saing nasional (national
competitiveness)
dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015. Komitmen
untuk
hilirisasi dan industrialisasi sedang dilakukan untuk memperkuat
struktur
ekonomi Indonesia. Investasi dan penciptaan lapangan kerja untuk terus
menopang
daya beli masyarakat merupakan strategi pembangunan di saat terjadi
pelemahan
permintaan dari negara tujuan ekspor Indonesia.
Perkembangan Bisnis Internasional 10 tahun mendatang
Laporan HSBC Trade Connection
Report 2011
menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu dari empat negara berkembang
di
Asia, selain India, Vietnam, dan China, yang akan mengalami pertumbuhan
perdagangan tertinggi sampai dengan 2025. Empat negara Asia ini masuk
dalam
lima besar negara di dunia yang diperkirakan akan mengalami pencapaian
tersebut.
Indonesia sendiri berada di
peringkat keempat,
setelah Mesir, India, dan Vietnam. Dalam laporan yang bersumber salah
satunya
dari HSBC Trade Forecast ini, rata-rata pertumbuhan volume perdagangan
Indonesia sebesar 7,3 persen per tahunnya. Bahkan, dalam 15 tahun ke
depan,
total pertumbuhan perdagangan Indonesia diperkirakan naik sebesar 144
persen.
Pertumbuhan tersebut didorong oleh ekspor komoditas.
Prediksi pertumbuhan
perdagangan Indonesia ini
sejalan dengan optimisme pelaku perdagangan antarnegara. Menurut survei
HSBC
TCI, pada semester kedua tahun ini, optimisme eksportir dan importir
Indonesia
naik 21 poin ke level 144. Hasil survei itu menjadikan pelaku
perdagangan
Indonesia paling optimistis di antara 21 negara di kawasan Asia Pasifik,
Timur
Tengah, Amerika, dan Eropa yang dijadikan sample.
"Tingkat optimisme dari
pelaku
perdagangan pada survei kali ini tidak hanya naik secara signifikan,
tetapi
juga menjadikan eksportir dan importir Indonesia memiliki optimisme
tertinggi," ujar Nirmala Salli, Head of Trade HSBC Indonesia, dalam
pernyataan
tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2011).
Menurut Nirmala, tren ini
penting untuk
dicermati karena berdampak terhadap kebutuhan pelaku usaha terhadap
akses
finansial perdagangan. Sebab, lanjutnya, seiring dengan optimisme
naiknya
volume perdagangan, membaiknya kualitas supplier dan buyer,
serta kepercayaan terhadap stabilitas nilai tukar dan regulasi, pelaku
bisnis
percaya diri untuk meluaskan ekspansi keluar negeri. Dan, ekspansi ini
tentunya
akan membutuhkan tambahan modal.
"Kesiapan sektor perbankan
diperlukan
dalam mendukung hal ini," ujar Nirmala.
Meskipun pelaku pasar percaya
terhadap
stabilitas nilai tukar dan regulasi, kedua hal ini juga bisa menjadi
tantangan
utama di tengah optimisme pelaku perdagangan internasional. Menurunnya
permintaan terhadap produk juga termasuk kendala utama yang kian
dikhawatirkan
pelaku bisnis. Dengan tingkat pertumbuhan perdagangan 7,3 persen per
tahunnya,
Indonesia akan menyumbang 1,3 persen terhadap volume perdagangan
internasional
dalam 15 tahun ke depan.
Selain itu, pada tahun 2025
nilai perdagangan
Indonesia diprediksi akan naik menjadi 619,6 miliar dollar AS dari 280,4
miliar
dollar AS pada tahun 2010.
Perdagangan Indonesia dengan
negara berkembang terus tumbuh
Sementara itu, menurut indeks
HSBC TCI, pelaku
bisnis masih melihat China dan ASEAN sebagai mitra utama perdagangan
Indonesia
saat ini dan dalam enam bulan ke depan. Jerman juga dipandang sebagai
negara
dengan prospek perdagangan yang positif.
Bagi para importir, mitra
utama para pelaku
bisnis adalah China, Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Malaysia.
Sedangkan Jepang, China, Amerika Serikat, Singapura, dan Korea merupakan
mitra
utama eksportir Indonesia.
Selain itu, berdasarkan HSBC
Trade Forecast,
dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan, perkembangan perdagangan
Indonesia
dengan negara-negara berkembang lainnya akan semakin signifikan. Ada
beberapa
koridor perdagangan yang memiliki tingkat pertumbuhan paling signifikan,
yaitu
perdagangan Indonesia dengan China, Argentina, Rusia, Mesir, India,
Ceko,
Hongkong, Meksiko, dan Brasil.
Untuk diketahui saja, HSBC
Trade Connection
Report 2011 merupakan gabungan dari HSBC TCI yang menangkap optimisme
pelaku
perdagangan internasional dan HSBC Trade Forecast yang merupakan
prediksi dari
pertumbuhan perdagangan pada 5, 10, hingga 15 tahun ke depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar